Teknologi Cluster Server Menjaga Aplikasi Menjalankan Ketika Server Kritis Gagal

Ketika sebuah organisasi diandalkan untuk infrastruktur sumber daya komputer dan downtime tidak dapat diterima untuk produksi bisnis, penyebaran kesalahan teknologi Server toleran seperti Clustering adalah suatu keharusan untuk bisnis saat ini. Jika server down, bisnis berhenti. Oleh karena itu, teknologi server cluster tersebut adalah solusi yang harus ditempuh untuk menjaga bisnis berjalan jika salah satu server kritis gagal.

Kekelompokan

Clustering merupakan salah satu teknologi fault tolerant server yang ditawarkan oleh Windows Server 2003 (dan kemudian) yang didedikasikan untuk menjalankan satu atau lebih aplikasi dengan mengkonfigurasi dua atau lebih server aplikasi sedemikian rupa untuk memberikan toleransi kesalahan dan load balancing. Jika satu server gagal beroperasi, server lain akan mengambil alih peran untuk menjaga aplikasi operasional. Ini adalah konsep toleransi kesalahan di teknologi server clustering.

Dalam teknologi server cluster, masing-masing server menjalankan aplikasi kritis yang sama. Ketika salah satu server gagal, server lain akan mengambil alih peran otomatis. Ini adalah “failover” konsep. Jika server gagal kembali normal, node server lain akan mengenali kondisi ini dan system cluster akan menggunakan server lagi. Ini adalah “failback” konsep.

Server Clustering Teknologi

Pada Windows Server 2003 dan kemudian, ada dua jenis teknologi server toleransi kesalahan: Server Cluster dan jaringan Load Balancing (NLB). Perbedaan antara kedua teknologi terletak pada jenis aplikasi yang harus dijalankan oleh server dan juga jenis dan karakteristik dari data yang mereka gunakan http://www.jualbeliserverbekas.com/.

Jaringan Load Balancing (NLB)

Jaringan Load Balancing (NLB) adalah salah satu redundansi server yang ditawarkan oleh Microsoft yang mudah untuk menginstal, mengelola, dan memelihara. Anda dapat menggunakan perangkat keras yang tersedia dan perangkat lunak dalam server, tidak membutuhkan software tambahan atau perangkat keras. Anda dapat menggunakan aplikasi yang tersedia di Windows 2003 “Jaringan load balancing manager” untuk membuat, mengelola, dan memonitor NLB cluster. NLB sebagian besar menjalankan aplikasi tanpa kewarganegaraan memori, aplikasi data yang tidak berubah sepanjang waktu.

Ciri:

Didukung oleh semua jenis Windows 2003 termasuk Standard, Enterprise, dan Datacenter jenis Server
Dapat digunakan untuk menyebarkan hingga 32 node jaringan Load Balancing di mana masing-masing server memiliki salinan duplikat dari aplikasi yang ingin Anda berikan kepada pengguna.
beban penuh balancing untuk traffic TCP dan UDP
Dapat digunakan untuk server Web, server ISA, VPN, server Media, dan Terminal Server
jaringan load balancing bekerja dengan cara menciptakan suatu adapter jaringan virtual pada masing-masing node yang mewakili cluster entitas tunggal. adapter virtual memiliki alamat IP yang independen dan alamat MAC yang berbeda dari masing-masing alamat IP yang diberikan untuk setiap interface Server. Klien akan mengakses alamat IP virtual bukan mengakses setiap node server.
Jika permintaan datang dari klien ke alamat IP cluster, semua node dalam cluster menerima dan memproses pesan. Dalam setiap node di NLB cluster, layanan NLB akan berfungsi sebagai filter antara adaptor cluster dan tumpukan komputer TCP / IP. Filter ini akan memungkinkan NLB untuk perhitungan dalam menentukan mana node dalam sistem cluster akan bertanggung jawab untuk menanggapi permintaan klien. Setiap node di cluster tidak perlu membuat komunikasi antara mereka. Setiap node akan membuat perhitungan independen yang sama dan membuat keputusan mereka sendiri apakah untuk menanggapi permintaan klien atau tidak. Rumus perhitungan hanya akan berubah jika jumlah server node perubahan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s